— Posted in Berita Terkini, Games, Mobile Apps, Mobile Games, Technology

Awal Mula Game Tebak Cari Supir

Tebak Cari Supir adalah game buatan anak bangsa yang cukup populer. Karena bisa menarik jutaan perhatian para pengguna smartphone di Indonesia. Sesuai dengan namanya, Tebak Gambar adalah game mobile dimana pemain diharuskan untuk menebak kosakata yang dimaksud dengan menghubungkan rangkaian gambar yang ditampilkan dalam game ini.

 

Awal Mula Game Tebak Cari Supir

Pada dasarnya Tebak Cari Supir termasuk salah satu game ringan yang bisa anda mainkan kapan saja dan dimana saja tanpa harus mendedikasikan waktu yang cukup intens hanya untuk memainkan game ini. Apakah anda merupakan salah satu orang yang juga memainkan game ini?

chievement yang telah diraih Tebak Gambar terbilang cukup cepat mengingat game ini baru dikembangkan pada penghujung tahun 2013 dengan sumber daya yang sangat terbatas. Saat ini Tebak Gambar telah di-download dan sebanyak lebih dari 4 juta kali yang tersebar di berbagai perangkat mobile seperti Android, iOS, dan juga Windows Phone. Tebak Gambar juga merupakan salah satu game mobile buatan Indonesia yang berhasil masuk ke top chart sebagai peringkat pertama di Google Play, App Store, dan juga Windows Store.

Lalu, bagaimana perjalanan Tebak Cari Supir hingga menjadi salah satu game buatan Indonesia yang tergolong sukses seperti sekarang dan apa saja pelajaran marketing yang bisa kita ambil dari perjalanan Tebak Gambar? Irwanto Widyatri, selaku co-founder Tebak Gambar berbagi rahasia suksesnya dalam membesarkan game ini di acara Games In Asia Meetup beberapa waktu yang lalu.

Bermula dari kegemarannya browsing di Kaskus, Irwanto secara tidak sengaja menemukan suatu thread yang isinya adalah kuis tebak gambar. Melihat tingkat keinteraktifan di thread itu yang cukup tinggi, Irwanto lalu memiliki ide untuk menjadikannya sebuah game mobile. Ia pun menghubungi pemilik thread itu yang merupakan seorang desainer bertempat tinggal di Surabaya dan mengajaknya untuk membuat game Tebak Gambar. Irwanto mengakui bahwa hingga saat ini ia belum pernah bertemu secara langsung dengan desainernya ini.

Masa pengembangan game pun dimulai dan masalah pun mulai datang.

  1. Masalah yang pertama adalah susahnya sinkronisasi gambar yang dikarenakan desainer ini belum pernah membuat gambar untuk sebuah aplikasi mobile sebelumnya. Pada tahap ini mereka juga menemukan kendala pada pembuatan gambar untuk tombol klik. Cara penyelesaiannya adalah dengan melihat game lainnya yang mirip dan berhubungan seperti Icon Pop Quiz.
  2. Masalah yang kedua adalah tingginya total file pada game ini yang mencapai 16mb, padahal jumlah soal yang ada pada game ini hanya lima buah. Besarnya jumlah file pada suatu game juga mempengaruhi keinginan orang untuk men-download aplikasi tersebut. Pada dasarnya orang tidak mau men-download aplikasi yang belum mereka kenal dalam jumlah file yang besar. Cara penyelesaiannya adalah dengan mengompres file gambar serendah mungkin.

Pada bulan November 2013 Tebak Gambar pun meluncur di Google Play dan hanya dalam dua bulan saja, ada lebih dari 100.000 orang yang telah men-download game ini. Tidak lama setelah itu, permintaan dari fans di Facebook Fanspage mereka juga muncul yang mana mereka meminta agar game ini juga diluncurkan untuk iOS.