— Posted in Berita Terkini, Console, Games

4 Game Konsol Ini Sudah Berusia 10 Tahun Lho, Gak Percaya ?

Mungkin Tahun 2007 merupakan tahun yang bisa jadi tidak terlupakan karena terdapat beberapa peluncuran Game Konsol 2007 yang dapat dibilang sukses, misalnya Mass Effect, Uncharted, The Witcher, Bioshcok, serta masih banyak lagi.

Dan yang lebih jauh lagi, terdapat pula banyak game 2007 yang merupakan awal dari berkembangnya komunitas game yang menimbulkan ketertarikan masyarakat luas terhadap sebuah video game lebih jauh lagi.

Seperti, pada kesempatan ini kami hendak kembali melihat game 2017 yang menonjol serta apa saja efek yang sudah terjadi dalam sepuluh tahun sejak perilisannya.

 

1. Assassin’s Creed

Game Konsol

Apakah anda masih ingat trailer pertama Assassin’s Creed yang memperlihatkan pembunuh “berkerudung” misterius yang berjalan dari kerumunan orang, melompat ke penjahat yang tidak menyadari keberadaanya, serta menusuknya dengan pisau tersembunyi.

Unsur-unsur ini mungkin tidak pernah absen untuk seri-seri berikutnya, tapi hal menariknya ketika itu semua tampak “fresh” dan baru. Dengan settingan periode waktu yang berbeda serta mekanika crowd-based stealth, Assassin’s Creed pun juga menampilkan filosofi desain yang inovatif serta berbeda dari game adventure lainnya.

Dan saat itu begitu banyak orang menganggap Assassin’s Creed cuma sekedar sebagai game yang memilih settingan periode waktu tertentu saja, namun saat gamenya pertama kali dirilis, sudah paham bahwa sebenarnya terdapat komponen modern untuk narasinya!

 

 

2. Call Of Duty 4: Modern Warfare

Game Konsol

Saat pertama kali diluncurkan pada tahun 2007, Call of Duty 4: Modern Warfare merupakan game FPS yang mengambil latar perang dunia 2 pertama yang kami mainkan serta bertahan hingga saat ini.

Mode campaign-nya pun masih menampilkan beberapa momen yang membuat kesan. Apbila anda masih ingat adegan awal menampilkan suatu kudeta di negara Timur Tengah yang berakhir dengan suatu eksekusi yang menandai awal konflik dari game.

Modern Warfare pun juga merambah ke dunia multiplayer, di mana developer game menyajikan mekanisme “Creat a Class” yang kini menjadi standar pada sebuah game FPS multiplayer.

 

 

3. Uncharted: Drake’s Fortune

Game Konsol

Bagi pengembang pihak pertama PlayStation yang menimbulkan transisi ke PlayStation 3, Naughty Dog pun meninggalkan estetika kartun dari seri Jak and Daxter di PS2 ke franchise baru yang lebih kaya tampilan terhadap konsol game Sony generasi ketiga.

Uncharted: Drake’s Fortune merupakan suatu game adventure yang mengambil ide dari Tomb Raider, yakni saat pemain akan berusaha mengumpulkan senjata, eksplorasi, serta pemecahan puzzle dalam satu petualangan sinematik.

Sedangkan semua elemen tersebut jarang hadir dalam ukuran yang sama pada sejarah 10 tahun seri tersebut, tapi Uncharted dapat disebut sebagai rangkaian game eksklusif Sony yang paling baik dalam dekade terakhir.

 

 

4. Rock Band

Game Konsol

Di tahun 2007, rhytm game dengan basis periperal mulai sukses secara besar-besaran di wilayah barat, hal tersebut tentu berasal dari game legendaris Guitar Hero yang diciptakan oleh developer game Harmonix.

Genre tersebut pada awalnya lebih populer di Jepang, tapi hasil mahakarya Harmonix tersebut membuat mereka meraih jangkauan pasar yang lebih luas. Guitar Hero bisa jadi memang telah meraih kesuksesan, namun pada dasarnya Rock Band lah yang jadi awal mula dari kesuksesan itu sendiri.

[ Baca Juga: Monster Hunter Stories HD Rilis Dalam Android & iOS ]

Rock Band bakal terasa seperti suatu kumpulan ide mapan yang sederhana. Dan dari hasil premisnya, tak bisa disergah lagi bahwa game ini sangat memikat. Dan sudah pasti terdapat kepuasan tersendiri saat kita seolah-olah diberikan tempat sebagai pemain band Rock. Setuju?

Dan pada game ini anda diajak merasakan pengalaman seperti berada di dalam live band, bermain bersama dalam sebuah sinkronisasi sempurna. Namun sayang, fenomena rhythm game akhirnya berakhir serta popularitas game bergenre ini mulai turun tidak lama usai seri ketiganya rilis pada tahun 2010.

5 tahun usai itu, Rock Band 4 pun akhirnya diluncurkan dan lumayan memperoleh begitu banyak sambutan hangat dari komunitas game, berkat dukungan penuh yang dilakukan oleh Harmonix dengan terus merilis lagu-lagu baru dalam bentuk DLC sampai saat ini.